Rabu, 22 April 2015

Es Stik Milky

Kangen jaman kecil dulu......segala es saya suka banget. Dari yang namanya es potong, es roti, es lilin, es dung-dung.......hadooowww pengen balik sehariii aja jaman 80an. Dimana saat itu kerjaaannya hanya main dan jajan wakakakakaaaa. *minjem mesin waktu doraemon

Kembali mengulang memori masa kecil, banyak hal yang rasanya pengen saya hadirkan kembali. Kalo mo mainan benteng-bentengan ya wes gak bisa, bisa-bisa diketawain anaknya apa malah dijewer sama bapaknya hehe..
Paling bisa ya bikin jajanan ala saya kecil dulu, salah satunya es yang  pas panas-panas pulang sekolah pasti lewat depan rumah.

Lupa dengan nama es ini, kalo sekarang orang nyebutnya sih "Es Stik". Biasanya, warnanya bermacam-macam sesuai rasanya. Ada yang coklat, stroberi, dan susu. Saya suka banget yang putih milk gitu. Jadilah malam kemaren saya bikin, supaya nanti siang pas pulang sekolah anak-anak udah bisa rebutan nyomot duluan hihii. Kalo saya sih, pagi tadi bangun tidur langsung nyelonong ngambil satu *wekekekeeeee nyuri start*


Hayo-hayoooo sapa sihh yang gak doyan sama es ini.....


Es Stik Milky......nyesssss

Tips saat bikin ini, kalo mau biskuitnya hanya di ujung seperti punya saya, caranya masukkan remahan biskuit lebih dulu ke dalam tiap-tiap cup cetakan baru tuangi dengan susu. Tapi kalo mau biskuit menyebar sepanjang esnya, tuang susu sepertiga bagian lalu taburi biskuit, ulangi langkah seperti ini berselang-seling sampai cup terisi agak penuh. Memanfaatkan cetakan agar-agar juga bisa, hasilnya imut juga seperti yang kecil-kecil  pada gambar diatas.


Cetakan es stik sesaat setelah dicuci




Bikin lagiiiii


Noh nohhh yang paling doyann


Cara memasang stik, saat cup sudah diisi penuh diamkan beberapa saat hingga susu agak set. Baru deh pasang stik kayu ditengah-tengahnya lalu masukkan ke dalam freezer. Sebaiknya menuang susu jangan terlalu penuh agar tidak luber sewaktu stik dipasang. Sebenarnya ada juga cetakan yang sudah ada stiknya dan dulu banget saya punya. Tapi udah keburu dipake mainan waktu Tita kecil *hiks, diisi pasir. Dan akhirnya cetakanku gak tau lagi rimbanya. Waktu itu sekitar th 2005 pas blanja ke crfour nemu cetakan ini. Beruntung sekarang banyak banget yang jual cetakan es stik, mo ke pasar apa ke toko barang2 plastik pasti ada. Meskipun tetep lebih bagus punyaku yang dulu (warna-warni dan tebel). Eits, tapi cetakan yang sekarang biar murah meriah tapi tetep gak kalah looo sama yang mahal 
*hiyaa ketularan bakul cetakan

Oya, melepas es dari cetakan caranya bisa dengan mendiamkan es beberapa saat di suhu ruang. Atau bisa juga dengan menyiramkan air panas ke permukaan cetakan. Dengan menggunakan sendok sayur, siram permukaan cetakan *bagian luar yaa..jangan kena esnya* ulangi beberapa kali dan es akan mudah dikeluarkan. Cara melepas es ini dapet dari blog JTT.

Berikut resepnya dari google+ tapi sudah saya modif sana-sini :


Es Stik Milky
By Dapur Afdy

Bahan :
3 keping biskuit coklat ( ngg mengikat yaa....bisa biskuit apa aja )
50 gr gula pasir
200 ml susu UHT putih ( SKM + air bisa juga )
3-5 sdm maizena
250 ml air matang
vanili cair sepucuk sendok teh ( dikiit aja )

Cara :
Hancurkan biskuit menjadi remah-remah kasar, sisihkan. Larutkan maizena dengan susu, tambahkan air matang, vanili dan gula pasir. Rebus dalam api kecil sambil diaduk-aduk terus hingga mengental, angkat.

Masukkan kepingan biskuit ke dalam masing-masing cup cetakan, lalu masukkan larutan susu sampai agak penuh. Diamkan kurleb 5 mnt, tancapkan stiknya. Masukkan ke freezer dan tunggu hingga mengeras. 

 Siap dinikmati ^ ^


Note :
Saya bikin 2 resep sekaligus. Hasilnya 12 ptg es stik + 30an es kecil-kecil yang pake cetakan agar-agar.



0 komentar:

Posting Komentar