Selasa, 06 Januari 2015

Round Pancake

Sebenernya kue imut ini udah lumayan lama saya bikin.....gapapa deh baru diulas sekarang yah (widihh...diulas).

Minggu pagi memang waktu yang tepat yah buat molor-molor kaya uler londot (minjem istilahnya Kaesang Jkwi ^ ^ ). Tapi begitu denger anak-anak bilang "Ibu..........kok nggak bikin kue siiihh.....kan aku pengen....ayo dooonggg bikiiinnn...". Trus bapaknya yang jawab "Iyaaaaa....ibu abis ini bangun trus bikin kue kok *lah.trik nyuruh secara halus* Adek mau apa? brownies, pie, pankek....??" hehehehhehe bikin anaknya tambah ngiler.

Ya deh, paling ga tega nolak kalo udah pada rikues gini.....
Tapi karena moodnya lagi pengen bikin yang pake dekor gitu, jadi mikir dulu nih enaknya bikin apa. Hhhhmmmmmm yuk dandanin pankek aja, biar genit kayak cherybelle hihihiiiiii

Ini gambarnya setelah keluar dari salon hehehehhe..... Alhamdulillah...semua suka.. 


Round Pancake

Bikinnya dengan menggunakan snack maker, kebetulan yang saya punya adalah cetakan kue lumpur. Tapi bener deh bisa untuk bikin kue apa ajaa yang bulet-bulet nggemesin gitu. Kalo nggak ada snack maker, bisa juga kok pakai ring untuk cetakan telor ceplok. Caranya, letakkan ring diatas wajan datar. Lalu kalau wajan sudah panas mulai tuang adonan sampai separo volume ring. Bila adonan sudah kelihatan mulai matang, ring bisa dilepas dan lanjut cetak adonan yang lain. Saya pakai cara ini waktu belum punya snack maker hehehhehee ajaib. Sama hasilnya, tapi harus satu persatu nyetaknya.

Oyah, topping hanya pakai whipped cream bubuk karena lagi ada di kulkas. Tinggal dicampur dengan air es, lalu mixer sampai mengembang (sesuai petunjuk di kemasan). Setelah itu bebas berkreasi sesuka kita mau didandanin seperti apa. Mudah yaa

Berikut resepnya.....

Round Pancake

Bahan :  
80 gr   Tepung terigu ( All Purpose )
1 sdm  Gula pasir
2 sdm  Susu bubuk  
1 btr    Telur utuh
1/2 sdt Baking soda  
sejumput garam 
 Air matang dikira-kira saja sampai adonan agak encer

Topping :
Whipped Cream (bubuk)
Meses
Permen warna-warni

Cara Membuat :
Tambahkan gula pasir,susu dan garam ke dalam tepung terigu. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit, dengan menggunakan hand whisk, aduk adonan sampai tidak ada yang bergerindil. Penambahan air cukup sampai adonan cenderung sedikit encer. Pecahkan telur dan kacaukan dengan menggunakan garpu. Tambahkan kocokan telur kedalam adonan tepung. Masukkan baking soda, aduk rata. Panaskan snack maker, bila sudah panas boleh dikecilkan apinya. Tuangkan adonan kedalam cetakan, hingga memenuhi separuh tinggi cetakan. Gunakan api kecil-sedang. Taburkan sedikit gula pasir. Apabila adonan sudah mulai berwarna kecoklatan, itu pertanda sudah matang dan adonan bisa diangkat menggunakan spatula kecil.
Tunggu sampai agak dingin, lalu hias sesuai selera. Kue ini akan tetap empuk meski sudah dimasukkan ke dalam kulkas.

Selamat mencoba :)


0 komentar:

Posting Komentar