Minggu, 05 April 2015

Vegetable Pie

Menuruti rikues kakak dari semingguan yang lalu, lagi pengen dibikinin pie sayur. Ternyata saya udah lumayan juga nggak bikin penganan ini...sampai pada kangen sama rasanya.

Menariknya bikin pie satu ini adalah karena kita bebas nentuin mau dikasi filling apa. Kalo pie sayur, sayurnya suka-suka lagi punya apa...kalo saya sih paling cocok bayam dan wortel. Bayam kan gampang yah....tiap blanja pasti ada sayuran ini. Dan wortelnya, karena saya selalu nyetok untuk persediaan bikin jus buat anak-anak jadinya ya tinggal ngambil aja di kulkas. Sejak kakak diharuskan pake kacamata, saya memang berusaha untuk sering2 bikinin jus wortel supaya minusnya engga nambah :(

Pie ini mewakili kebutuhan gizi anak-anak sih, lengkap menurut saya. Mereka bisa melahap sayuran dalam porsi yang lumayan banyak tanpa terasa. Tipsnya, waktu ngoseng jangan terlalu matang supaya kandungan gizinya nggak hilang (karena setelah itu sayuran masih harus masuk tahap pengopenan). Dan untuk campurannya, saya tambahkan sosis, kornet, daging ayam karena hari ini saya lagi masak ayam jadi deh diculik dikit ayamnya hehee. Kalo sedang punya bahan yang lain, jangan ragu-ragu tambahkan aja. Ini bisa diganti-ganti sesuai selera. Misal, suka ikan tuna...bisa loh diganti dengan itu. Pasti sama enaknya.

Tips bikin pie crust renyah menurut saya adalah mentega harus betul-betul dalam kondisi beku. Bahkan karena saya bikin adonannya malam, setelah adonan tercampur sesuai instruksi saya masukin ke kulkas lagi (ini supaya mentega ngga meleleh dan kulit pie jadi ngga renyah). Eh karena langsung ketiduran, bablas deh ngendon di kulkas sampe pagi hahahhaaa. Tapi Alhamdulillaah...kulit pie ku hasilnya renyaahhh ngeprull banget.

Proses bikinnya, bisa simak resep dibawah ini yaa...pasti lezatos . Kliatan kan dari fotonya ^ ^


Topping atas dibuat berselang-seling dengan keju



Pie crust super renyah dan gurih



Hhhhmmm antreee nih


Satu mana cukuupp......^ ^

Pie Sayuran / Vegetable Pie
By: Dapur Afdy


Bahan Crust / Kulit :
250 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
125 gr mentega tawar beku
3 sdm air es

Cara :
Campurkan tepung terigu, garam, gula pasir.  Tambahkan mentega beku, lalu cincang dengan pisau pastry atau garpu sampai membentuk butiran-butiran kecil (disebut adonan pasir). 
Lalu masukkan air es sedikit2 sampai adonan tercampur dan menyatu. Penambahan air hanya sampai adonan dapat dikepal dan dibulatkan. 
Gunakan ujung jari saja dalam melakukan proses ini, agar mentega tidak cepat meleleh terkena suhu tangan. Bungkus plastik wrap, diamkan 15 menit di lemari es *saya kebablasan diemin di kulkas sampai pagi.
Keluarkan adonan dari kulkas, giling adonan +/- 0,5 cm (sesuai selera), pipihkan dalam
cetakan pie, ratakan.
Tusuk2 dasar pie, panggang 180 derajat celcius +/- 10 menit atau hingga 1/2 matang.

Bahan Isi :
1 ikat bayam, potong kasar
2 bh wortel, parut dengan parutan keju
1 bh telur kocok lepas hingga agak berbuih
100 ltr susu cair
100 gr korned sapi 
2 bh sosis sapi, potong-potong
50gr daging ayam, potong dadu (optional)
1/2 buah bawang bombay cincang kasar
2 bh bawang putih
1 sdm mentega untuk menumis
1 sachet mayonaise kemasan
keju parut secukupnya
gara dan lada secukupnya

Cara :
1. Tumis bawang bombay dan bw putih dengan mentega hingga harum dan layu.
2. Masukkan daging ayam, tumis sampai ayam berubah warna, tambahkan sosis.
3. Masukkan wortel, lalu disusul bayam. Proses sampai setengah matang saja 
4. Masukkan hasil tumisan ke dalam kocokan telur, tambahkan susu. Beri garam dan lada secukupnya. Aduk hingga tercampur rata.
5. Isikan ke dalam kulit pie, lalu beri mayonaise diatasnya.
6. Tutup bagian atas pie dengan sisa kulit pie, atur berselang-seling dengan keju (sesuai selera)
7. Panggang 20 menit hingga matang. Sajikan selagi hangat.

0 komentar:

Posting Komentar