Minggu, 04 Januari 2015

Ayam Kecap

Kadang suka bingung juga ya kalo dihadapkan pada urusan pilih-pilih menu masakan sehari-hari. Saya sukanya pedes-pedes, hubby maunya sedeng-sedeng aja pedesnya, eh anak-anak beda lagi....tuh kaaan dari situ aja harusnya udah tercipta tiga masakan heheheheeee (nyengir kuda). Tapi bukan ibu yang bijak namanya (halahhhh mulai deh) kalo nggak bisa ambil jalan tengah. Iyalah masak-masak sendiri makan-makan sendiri....Alhamdulillah dapat ide juga akhirnya...

Ya wes gapake bingung yaahh berhubung lagi punya daging ayam, yuk ahh kita eksekusi untuk jadi menu andalan hari ini. Bikin ayam kecap aja yaah....setuju anak anaakkkk??? 
# yang ditanyain masih pada bobok.

Kali ini yang saya bikin adalah ayam kecap versi gurih, karena yang selama ini sering juga saya buat rasanya cenderung manis (biar gak bosen ya dan kalo gurih kan maemnya ntar pengen nambah2 gituu). Dan benar lhoo, pas jam makan tiba.........seneeeenggg banget liat anak-anak pada lahap makan, apalagi babenya....wekekekkeke.....aduuhhh laper maass?

Ini dia pas baru mateng, mariiii makan duluuu.....


Ayam Kecap siap disantap ^ ^

Hhhmmmmm nyam-nyam guriiihhh




Berikut resepnya,

Ayam Kecap 
Bahan :
1/2 kg    Ayam (bagian apa saja, potong-potong)
3    sdm Kecap Manis
3    btr   Kemiri
4    btr   Bawang Merah 
2    btr   Bawang Putih
2    cm  Jahe (digeprek)
2    cm  Lengkuas (digeprek)
3    btg  Daun Bawang (saya nggak pake)
1    sdm Mentega
1/2 sdt   Gula Pasir
1/2 sdt  Minyak Wijen
Daun Kubis secukupnya
Garam dan Lada secukupnya
Air matang secukupnya

Cara Membuat :
Bubuhi ayam yang telah dibersihkan dengan kecap manis. Biarkan meresap kira-kira 10 menit. Sambil menunggu, goreng terlebih dahulu bawang merah dan bawang putih hanya sampai layu. Angkat, lalu haluskan bersama-sama dengan kemiri dan garam secukupnya. Sisihkan.

Siapkan minyak panas lalu masukkan mentega, goreng ayam yang telah dibubuhi kecap tadi. Apabila ayam telah berubah warna dan agak kecoklatan, angkat dari api. Letakkan dalam wadah.

Dalam penggorengan, masukkan minyak dan tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi sampai harum, tambahkan lengkuas dan sedikit jahe, masukkan gula. Tambahkan air matang, masukkan ayam kedalamnya. Beri kecap manis dan minyak wijen. Selanjutnya bisa ditambahkan juga daun bawang utuh atau diiris-iris (saya nggak pakai). Apabila suka yang berkuah banyak, bisa ditambahkan lagi air matang. Masak sampai ayam benar-benar matang. Tes rasa yaa. Masukkan daun kubis, masak hanya sampai agak layu. Angkat dari penggorengan, tata dalam wadah lalu sajikan hangat-hangat.

Selamat Mencoba :)








0 komentar:

Posting Komentar