Minggu, 18 Januari 2015

Chicken Nugget

Bermula dari kesukaan anak-anak terhadap nugget untuk sarapan pagi, akhirnya bikin saya kepengen untuk bisa bikin sendiri. Sebenernya yang jadi tujuan utama saya untuk bikin sendiri ya memastikan bahwa yang dikonsumsi anak-anak memang terbuat dari bahan-bahan alami dan sehat. Kalau nugget beli kan kita nggak tahu komposisi sebenernya apa, trus bahan tambahannya apa saja. Jangan-jangan nggak semua bahan nih ditulis di ingredients, trus apa bener2 fresh gitu ya misal ayamnya, belum lagi pasti ada tambahan pengawetnya. Wah wah waaahhh....

Setelah tengok2 resep...ehhh ternyata bikin sendiri kok ya nggak susah yaaa. Langsung pengen dipraktekkan saat itu juga. Mumpung masih pagi, masih keburu beli bahan ke pasar. 

Resep ini mudah banget karena hanya mencampur bahan yang sudah ada, lalu dikukus. Masih dalam kukusan aja semua udah penasaran karena haruuummm sedeeeppp banget. Anak-anak sudah pada nggak sabar, baru 10 menit ngukus kata kakak 'Itu loh paling udah mateng buk....' hehehe ngences. Bapaknya lain lagi 'masak apa nih seger banget.......' sambil ngendus kompor. Inget Tom & Jerry kalo lagi cium bau masakan hahahhaaa



  Bener2 fresh yaa bahannya...telornya blum ikut mejeng



Setelah semua bahan dicampur, jadinya seperti ini
Setelah dikukus di loyang bulet
Celup di kocokan telor & tepung panir, lalu siap simpan ke freezer
Gorengan pertama, langsung diserbu ^ ^

Hhmmmm kok rasanya jadi tenang yah, kalo lagi suapin nugget bikinan sendiri. Ayamnya fresh, trus ada tambahan wortel segar....cukup menyehatkan. Lain kali mau bikin lagi ah....plus bayam (adek gak bakal nolak, mana tau kalo ada sayurnya hehehehhe)

Berikut resepnya, sudah saya modif sesuai bahan yang saya punya :) aslinya dari Nugget Ayam ala JTT

Chicken Nugget
By Dapur Afdy

Bahan :
500 gr Daging Ayam, haluskan (saya pilih bagian dada, lalu dilumat dengan food processor)
1 bh Wortel (parut halus agar tidak menyulitkan ketika nugget dipotong)
5 sdm Mayonaise (bisa diganti dengan saus putih bikinan sendiri)
3 btr Bawang Merah (resep asli pakai bawang bombay, parut kasar)
2 btr Bawang putih (parut kasar)
2 btr Telur Ayam
2 sdm Tepung Tapioka 
1/2 sdt Garam
2 sdt Lada
1 sdm Gula Pasir
2 sdt Kecap Asin 

Bahan Pencelup :
4 sdm Tepung Panir
2 btr Telur Ayam

Cara Membuat :
Siapkan kukusan dengan air mendidih, bungkus dengan serbet tutupnya. Alasi permukaan loyang dengan kertas roti, oles atasnya dengan mentega dan taburan tepung. Kertas rotinya biarkan agak menjuntai pinggirnya agar mudah saat akan melepas adonan. Campur semua bahan dalam wadah, lalu tuang dan ratakan ke dalam loyang. Kukus selama 30 menit hingga matang. Bila permukaan sudah terlihat padat setelah 30 menit, maka saya anggap sudah cukup mengukusya. Keluarkan loyang dan dinginkan. Setelah benar-benar dingin, keluarkan adonan dari cetakan. Gunakan pisau yang telah dioles dengan minyak untuk memotong sesuai selera. Celupkan satu persatu dalam kocokan telur, lalu gulingkan dalam tepung panir hingga terbalut rata. Simpan dalam freezer atau langsung digoreng.

Tips :
Bila adonan masih belum kokoh saat hendak dipotong, masukkan dulu dalam freezer selama 30 menit, lalu potong-potong dan lanjutkan ke step mencelup.






0 komentar:

Posting Komentar