Minggu, 11 Januari 2015

Homemade Pizza

Libur tlah tiba, libur tlah tiba...........horeeeeee *hihihiiiiii lha kok ibunya yang kegirangan ginii yah

Sabtu siang sepulang kantor udah niat banget pengen bikin pizza. Gara2nya si hubby bilang kalau temennya pengen mesen (abis dipamerin soalnya hehehe). Loh padahal saya baru sekali aja nyoba bikin dan belum begitu bagus2 amat menurut saya. Perlu dimantapkan lagi lah, biar yakin nerima pesenan. Berhubung stok tepung protein tinggi lagi habis di rumah, yuk mampir dulu ke toko bahan kue.

Percobaan pertama dulu, udah lumayan enak sih...rotinya empuukk guriih, cuman topping masih perlu dirapihkan lagi. Kalo rasa sih udah nendaaaanngg sampe jebol gawang hihihiii kepedean. Kali ini bikin lagi dengan saus putih lebih dibanyakin, dan tetap masih no cheese. Menurut saya, tanpa keju rasanya udah wenaakkk.

Pizza crust nya pakai resep yang tanpa diuleni, hanya mengandalkan lamanya waktu fermentasi. Proses ini sangat lebih mudah dan praktis, very recomended. Jadi nggak usah sampe pegel nguleni, tinggal diamkan suhu ruang dan lanjutkan masuk kulkas. #Eh saya malah belum pernah nyoba yang pake nguleni.  Makin lama difermentasi, hasil akhir crust makin empuk (waktu fermentasi yang direkomendasikan maksimal 7 jam. Bila sedang keburu, 2 jam juga sudah cukup tapi akan terasa lebih empuk kalau kita diamkan lebih lama). Kalau saya, sabtu malam bikin adonan, minggu pagi baru digunakan.

Pizza yang kelihatannya ribet bikinnya, jadi mudah loh...ini karena toppingnya juga suka-suka kita. No oregano, no basil, atau apalah yang kita jarang nyetok.....no problemo, tetap sedap kok.

Nah ini dia pizza homemade, spesial dari Dapur Afdy


Nyam Nyaaammmm


Nih adek yang ga bisa brenti makan...sekali comot empat slice tebel langsung habis. Adek bilang, abis ibu bikinnya keenakan siihhh *hehehehe pinter nyenengin ibunya. Karena adek rada susah makan sayur, selip-selipin deh sayurnya ke dalam pizza. Nah jadi doyan tuh


Mau lagi dan lagiii....



Karena udah feeling bikin seloyang bakal kurang, kali ini bikin dua resep sekaligus...biar bisa tahan sampe ntar sore *terbukti kaan piring sebelah hampir ludes hihihiii


Double Pizza


Ini sih ekspresi adek lagi kekenyangaaannn wekekekekkee,


Santai naik boat pake dayung ^ ^



Resep asli pizza dan saus putih dari sini yaaaa...beberapa bagian saya modif sedikit.

Homemade PIZZA 
Bahan Crust:
- 150 ml  air hangat 

- 1/2 sdt gula pasir
- 1 sdt    ragi instan (merk fermipan aja kalo bisa ya, biar ngembang bagus)                       - 2 sdm   minyak sayur biasa
- 1/2sdt  garam
-
130 gr tepung terigu protein tinggi (ex. Cakra)
- 50 gr  tepung terigu protein sedang (ex. Segitiga Biru)
 

Saus (oleskan bergantian/menumpuk) :
2 sdm saus tomat botolan

2 sdm mayonaise
 

Topping:
- saos putih homemade(resep tercantum)

- sosis ayam/sapi (saya pas punya sosis ayam)
- bakso sapi (iris tipis-tipis)
- brokoli dan sawi hijau (optional)
- lada bubuk
- 1 btr bawang merah
- 1 btr bawang putih
sedikit mentega untuk menumis

Cara membuat topping versi saya :
tumis bw merah dan bw putih dengan minyak dan sedikit mentega sampai harum (maklum lidah jawa yaa pizza nya pake bawang..hehehe). Masukkan sosis dan bakso sapi, sampai setengah matang. Terakhir masukkan brokoli dan sawi hijau, tumis sebentar, tambahkan lada. Angkat.  

Cara membuat adonan pizza:
- campur 100 ml air hangat dengan ragi instan dan gula. Aduk perlahan. Diamkan kurang lebih 10 menit hingga muncul buih2.
- Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, bawang putih bubuk, dan garam, aduk rata dengan spatula.
- Masukkan semua bahan adonan pizza lainnya, minyak, 100 ml air campuran ragi, dan sisa air hangat 50 ml. aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kasar, lembek dan agak basah. Tutup mangkuk dengan kain, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. 

(saya letakkan wadah adonan diatas kulkas, berharap adonan ngembang bagus karena suhu atas kulkas hangat. Dan berhasil).
- Masukkan adonan ke kulkas dan biarkan 1 - 2  jam lagi dalam posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam. Semakin lama adonan diistirahatkan maka roti akan terasa semakin sedap.
 

Resep saus putih home made
Bahan:
- 2 sdm margarin
- 3 sdm tepung terigu serbaguna
- 250 ml susu cair
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt lada putih

 - 1/2 sdt gula pasir
- 1/4 sdt pala bubuk
 

Cara membuat saus putih:
- panaskan margarin. Masukkan terigu. Aduk hingga menggumpal.
- masukkan susu cair sdikit demi sdikit.
- masukkan sisa bahan, aduk sampai meletup2. Matikan kompor. Teksturnya kental krn pake terigu ya.


*lanjut dengan menata topping sesuka hati :)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wahh artikelnya bagus :) silahkan berkunjung di website kami :)
Pizza dapat mencegah kanker prostat

Posting Komentar